Home Olahraga Ini Prediksi Final FIFA WORLD CUP 2018 Prancis VS Kroasia, Pasti Menghibur

Ini Prediksi Final FIFA WORLD CUP 2018 Prancis VS Kroasia, Pasti Menghibur

424
0
SHARE
Ini Prediksi Final FIFA WORLD CUP 2018 Prancis VS Kroasia, Pasti Menghibur

Keterangan Gambar : Caption : Foto Ist/ Gilabola.com/

Moskow,Goresanpena.id – Minggu (15/7/2018) malam WIB, juara Piala Dunia 2018 akan ditentukan, apakah Prancis atau Kroasia? Favorit maupun underdog sama-sama punya kesempatan untuk mencatat sejarah di Rusia.

Prancis berhasil menembus dua final turnamen elite secara beruntun dan berharap kali ini hasilnya lebih baik dari Euro 2016. Di final Piala Eropa 2016, Prancis yang lebih favorit kalah di tangan Portugal.

Kini Les Bleus datang ke final Piala Dunia 2018 melawan Kroasia juga sebagai favorit. Meskipun, penampilan Paul Pogba dkk tak seimpresif saat tampil di Piala Eropa dua tahun silam. Didier Deschamps tetap punya modal skuat dengan materi pemain yang lebih baik dan lebih bugar.

Kroasia menapak final Piala Dunia pertama mereka dan akan memulai duel sebagai underdog. Padahal banyak statistik yang menunjukkan jika rating performa Kroasia lebih baik dari Prancis di Piala Dunia 2018.

Skuat Zlatko Dalic adalah negara pertama sepanjang sejarah Piala Dunia yang lolos ke final setelah melalui seluruh fase gugur dengan tiga pertandingan extra-time. Meski menampik, kelelahan pasti melanda skuat mereka, terutama para pemain kunci yang selalu tampil penuh. Namun di laga pamungkas turnamen, seluruh pemain tentu akan mengerahkan segala kemampuan mereka.)

PENDEKATAN TAKTIK PRANCIS VS KROASIA

Sekilas tak terlihat perbedaan menyolok ketika melihat pada statistik yang ditunjukkan kedua tim sepanjang turnamen. Bedah tipe umpan dan gol memperlihatkan kemiripan pendekatan taktik antara kedua tim.

 

Preview Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018: Koparasi karakter permainan kedua finalis.

 

Prancis dan Kroasia memperlihatkan persentase tipe umpan yang serupa. Kedua tim sama-sama mengandalkan pemainan umpan-umpan pendek untuk built-up serangan. Salah satu perbedaan yang nampak mungkin dalam hal gol dari situasi bola mati. Kroasia terbilang sedikit sekali mencetak gol dari situasi bola mati dan cenderung mengandalkan set-up permainan.

Jika digali lebih dalam, bisa terlihat Prancis sangat mengandalkan kokohnya pertahanan. Les Blues berhasil menjaga gawangnya cleansheet dalam empat dari enam laga Piala Dunia. Selain kecolongan penalti di laga pembuka kontra Australia, hanya Argentina yang mampu menerobos pertahanan yang digalang Raphael Varane dan Samuel Umtiti.

Sementara gawang Kroasia justru selalu kebobolan dalam empat laga terakhir setelah sempat mendulang cleansheet di dua laga awal. Beruntung, Kroasia punya lini serang yang mumpuni. Mario Mandzukic dkk tak pernah gagal mencetak gol di enam laga sebelum mencapai final turnamen di Rusia.

KOMENTAR PELATIH

DIDIER DESCHAMPS (PRANCIS)

“Prancis sudah bersiap sebaik mungkin. Kami harus tetap tenang, percaya diri, dan menjaga konsentrasi.”

“Ini salah satu fokus utama kami menjelang pertandingan. Ada 14 pemain yang ikut merasakan final Piala Eropa (2016) dan mereka sudah semakin matang.”

ZLATKO DALIC (KROASIA)

“Kami butuh istirahat, relaksasi, kami punya beberapa masalah kecil dan saya harap kami akan mengatasi dan semua pemain saya akan siap bermain.”

“Jika tidak, kami punya pemain hebat di bangku cadangan untuk bermain. Saya tidak khawatir.”

DUEL KUNCI PRANCIS VS KROASIA

Varane-Umtiti vs Perisic-Mandzukic

Raphael Varane tampil impresif di jantung pertahanan Les Bleus. Bersama duetnya Samuel Umtiti, Varane akan berusaha untuk mementahkan serangan-serangan yang akan dipimpin Mario Mandzukic bersama Ivan Perisic yang penampilannya juga menanjak.

 

 

Seperti dilansir Sepakbola.com Varane dan Umtiti tak hanya tangguh mengalang pertahanan, keduanya juga telah menyumbang masing-masing satu gol untuk Prancis. Dua bek yang berseteru jika mentas untuk klub punya postur ideal untuk memaksimalkan skema bola mati yang juga jadi andalan Prancis di Piala Dunia 2018.

 

 

Luka Modric barangkali selalu disebut sebagai pemain terbaik Kroasia. Pendapat yang tidak salah, namun tak boleh juga mengesampingkan Mandzukic dan Perisic yang sama-sama telah menyumbang dua gol. Menjadi pahlawan Kroasia di laga kontra Inggris yang penuh tekanan setelah tertinggal gol cepat akan meningkatkan kepercayaan diri keduanya.

Penulis : Red/SPB