Home Minahasa Pemdes Watumea Salurkan BLT-DD Tahap Ke-II.

Pemdes Watumea Salurkan BLT-DD Tahap Ke-II.

Kumtua Sepang : Diharapkan dapat Membantu 71 KPM ditengah Pandemi COVID-19.

357
0
SHARE
Pemdes Watumea Salurkan BLT-DD Tahap Ke-II.

MINAHASA, GoresanPena.ID - Ditengah Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19), Pemerintah Desa (Pemdes) Watumea Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap Ke-II kepada 71 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Senin (22/6/2020) di Desa Watumea, Kecamatan Eris.

Sementara itu, Hukum Tua Desa Watumea Vanne Sepang menyampaikan, bantuan uang sejumlah Rp.600.000, kepada 71 Keluarga penerima manfaat untuk tahapan Ke-II, hari ini sudah disalurkan.

" Total semua ada 71 penerima, dan sudah di serahakan langsung oleh petugas Bank SulutGo kepada Keluarga penerima manfaat," Kata Kumtua Sepang.

Beliau juga mengimbau kepada Warganya agar dapat menggunakan dana BLT ini, sebaik-baik mungkin di tengah Pandemi COVID-19 ini.

" Diharapkan Keluarga Penerima  BLT dapat menggunakan dengan baik sesuai peruntukannya, seperti untuk membeli Sembako dan Vitamin," terang Sepang.

Lanjutnya, untuk BLT Tahap Ke-III, dananya itu sudah ada, tinggal menunggu intruksi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa untuk waktu penyalurannya.

Dikesempatan yang sama, Koordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Murphy Kuhu mengatakan, penganggaran Dana Desa untuk Penanganan dan pencegahan COVID-19, Termasuk Termoscan, cairan Disinfektan, itu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari penganggaran, mendata keluarga penerima manfaat dilakukan oleh tim relawan COVID-19.

" Jadi bukan kemauan dari Hukum Tua, tapi sesuai dengan peraturan menteri ini harus dilakukan edukasi dan pendataan. Rentetannya cukup Panjang sehingga bapak ibu sekalian ditetapkan lewat forum musyawarah desa yang disahkan oleh pemerintah kabupaten," terang Kuhu.

Lanjutnya, seringkali orang berpikir kenapa penyaluran lama, hal ini karena administrasi sebagai legitimasi proses pemeriksaan.

" Setelah ada pengesahan dari Bupati apakah itu melalui camat maka BLT-DD segara disalurkan, karena aturan regulasinya harus seperti itu," papar Kuhu.

Hadir dalam penyerahan tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Shanty Junita Jean Pakasi SP, Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Eris Palandi, Babinsa, Bhabinkamtibmas Polsek Eris.

Penulis : Frendy Koloay.