Home Manado Sertifikasi Kompetensi Peserta, Balawista Sulut Gelar Pelatihan Dasar

Sertifikasi Kompetensi Peserta, Balawista Sulut Gelar Pelatihan Dasar

324
0
SHARE
Sertifikasi Kompetensi Peserta, Balawista Sulut Gelar Pelatihan Dasar

Manado, Goresanpena.id- "Setelah Pelatihan ini peserta akan kembali ke daerah masing-masing ditempatkan di lokasi Wisata Tirta guna membantu Wisatawan". Hal tersebut dikatakan Reinhard Samadi Ketua Badan Penyelamatan Wisata Tirta (Balawista) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) usai menggelar materi pelatihan tingkat dasar (Pelatdas) Perwakilan Dari 14 Kabupaten/Kota Balawista di Tasik Ria Resort.

Menurut Samadi, kegiatan ini digelar untuk mempersiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan bekerjasama dengan Provinsi Sulut melalui Dinas Pariwisata. "Kegiatan digelar selama 5 Hari dari tanggal 18 sampai dengan 22 Agustus 2020. Cara perekrutannya melalui komunitas yang tertaik dengan Wisata Laut dan Kami juga menghubungi Dinas Pariwisata Kabupaten Kota yang ada," kata Samadi, Jumat (21/8).

Kegiatan ini lanjut Samadi, seharusnya pelaksanaannya dari tahun lalu, tapi karena penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) maka ditunda dan baru bisa digelar saat ini. Sayangnya dari 15 Kabupaten/Kota hanya Kabupaten Mitra yang berhalangan.

"Untuk teknis perekrutan tentunya memperhatikan Protokol Covid-19, setiap peserta diharuskan melakukan Rapid Test dan mengantongi surat berbadan Sehat dari usia 17 tahun keatas sesuai dengan kemampuan fisik peserta," terangnya.

Ditambahkannya, karena kami dibawah naungan Kementerian Pariwisata, maka setelah lulus peserta akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi. Mereka dilatih bukan hanya fokus di Laut melainkan di tempat wisata seperti yang ada kolamnya. "Rencana kedepan kami berfokus untuk Kompetisi skala Internasional penjaga Laut. Kiranya Pemerintah dapat mensupport kami kedepan untuk mengangkat Destinasi Wisata di sulut seperti Bunaken, Siladen, Pulisan, Marinshow, Lihaga dan lainnya hingga ke kancah Internasional dengan SDM yang berkompeten," terangnya

Sementara Ketua Balawista Nasional Ade Erfin mengatakan jika sektor Pariwisata saat ini sudah menjadi program prioritas unggulan dibawah Pertanian dan Pertambangan dan karena didalamnya memiliki kerentanan maka membutuhkan perlindungan dan rasa kepercayaan kepada Wisatawan Mancanegara maupun Dimestik. "Karena itu kami datang ke sini memberikan Pendidikan kepada Generasi Muda yang berada didekat lokasi Wisata dengan harapan kedepan Daerah Sulawesi Utara dapat diakui ditingkatan Nasional maupun Internasional," pungkasnya sembari mengatakan yang datang saat ini Tim berjumlah Tujuh orang yang tergabung yakni, Tiga dari Balawista Nasional dan Empat orang dari Kementerian Pariwisata melaui pembahasan setelah sebelumnya Palu yang rencananya menjadi lokasi pelaksanaan, namun Sulawesi Utara yang disetujui menjadi tempat pertama yang kita gelar kegiatan ini (Fic)